PENGETAHUAN LINGKUNGAN

  • Definisi pengetahuan lingkungan
  • Menurut Miller (1986), Lingkungan merupakan kumpulanatau sejumlah kondisi eksternal yang mempengaruhi kehidupan individu organisme atau populasi.
  • Menurut Lincoln (1985), Lingkungan merupakan kondisi fisik, kemis, dan biologis di sekitar organisme pada waktu tertentu.
  • Lingkungan merupakan totalitas faktor: edaik, klimatik, dan biotik, serta kondisi lain yang secara langsung membentuk habitat organisme
  • Perumahan Dukuh Zamrud merupakan perumahan yang terbagi menjadi beberapa blok, pada saat musim hujan, disaat hujan lebat terkadang terjadi banjir, walaupun banjir yang terjadi tidak terlalu parah, hanya sebatas betis anak-anak di jalan rayanya. Hal tersbut dikarenakan banyaknya warga yang tidak membuang samapah pada tempatnya, malah sering kali warga membuang samapah di selokkan yang mengakibatkan penumpukan sampah pada titik tertentu diselokan, apabila hal tersebut tidak cepat diselesaiakn permasalahannya dan dicari solusinya akan berdapak tidak bersih dan banyak penyakit pada perumahan tersebut, dan cara melestarikan lingkungan tersebut dari setiap blok kepala RW menyediakan 1 tempat sampah di setiap rumah dan memperkerjakan seorang beberapa tukang untuk mengangkut sampah-sampah yang terdapat pada tempat sampah setiap warga di setiap harinya. Dilakukannya juga pembuatan taman untuk dapat menanam tumbuh-tumbuhan agar adanya penyerapan pada sat hujan kebat terjadi.
  • Pada tahun 1982, Indonesia menyusun undang-undang tersendiri mengenai kebijakan lingkungan hidup. Undang-undang yang mengatur hal ini ialah undang-undang no.4 tahun 1982 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup (LN 1982 Nomor 12, TLN 3215). Sejak diundangkannya UU No. 4 Tahun 1982, berbagai produk peraturan perundang-undangan resmi telah berhasil ditetapkan sebagai kebijakan yang diharapkan dapat dijadikan pegangan dalam setiap gerak dan langkah pembangunan yang di lakukan, baik oleh pemerintah, masyarakat, maupun badan-badan usaha. Seiring dengan perkembangan, maka UU No. 4 Tahun 1982 direvisi dengan  Undang-undang tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Nomor 23 Tahun 1997 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1997 No. 68, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3699). ). Pada dasarnya, UU No 23 Tahun 1997 telah menggunakan prinsip pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, dimana hal undang-undang ini merupakan penyempurnaan terhadap undang-undang sebelumnya. Kemudian pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan instrumen hukum yang baru guna menggantikan UU No 23 tahun 1997 mengingat berbagai perubahan situasi dan kondisi terkait permasalahan Lingkungan Hidup yang terjadi di Indonesia.

Karena itulah, perbedaan yang paling mendasar dari UU No 23 Tahun 1997 dengan UU No 32 Tahun 2009 adalah adanya penguatan pada UU terbaru ini tentang prinsip-prinsip perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup yang didasarkan pada tata kelola pemerintahan yang baik karena dalam setiap proses perumusan dan penerapan instrumen pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan Lingkungan Hidup serta penanggulangan dan penegakan hukum mewajibkan pengintegrasian aspek transparansi,partisipasi, akuntabilitas dan keadilan. Terdapat beberapa istilah dalam UU ini antara lain:

Lingkungan hidup

Adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lain.

Pengelolaan Lingkungan hidup

Merupakan upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.

Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup

Merupakan upaya sadar dan terencana yang memadu lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Ekosistem

Adalah tatanan unsur lingkungan hidup dan merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi membentuk suatu keseimbangan, stabilitas, dan produktifitas lingkungan hidup.

Pelestarian lingkungan hidup

Adalah rangkaian upaya upaya untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Daya lingkungan hidup

Kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan mahluk hidup.

Pelestarian daya dukung lingkungan hidup

Merupakan rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap terhadap tekanan perubahan dan atau dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung perikehidupan manusia dan mahluk hidup lain.

Daya tampung lingkungan hidup

Kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan atau komponen lain yang dibuang kedalamnya.

Pelestarian daya tampung lingkungan hidup

Rangkaian upaya untuk melindungi daya tampung lingkungan hidup.

Sumber daya

Adalah unsur lingkungan hidup yang teriri dari sumber daya alam baik hayati maupun non hayati, sumber daya manusia, dan sumber daya buatan.

Baku mutu lingkungan hidup

Ukuran batas atau kadar mahluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada dan atau unsur pencemar yang keberadaanya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.

Pencemaran lingkungan hidup

Merupakan masuknya atau dimasukannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ketingkat tertentu yang ,menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Kriteria baku kerusakan lingkungan hidup

Merupakan ukuran batas perubahan sifat fisik dan atau hayati yang dapat diterima.

Perusakan lingkungan hidup

Merupakan tindakan yang menimbulkan perubahan langsung dan atau tidak langsung terhadap sifat fisik dan atau hayatinya yang mengakibatkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi lagi untuk menunjang pembangunan berkelanjutan.

Konservasi sumber daya alam

Adalah pengelolaan sumber daya alam tak terbarui untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan sumberdaya alam terbarui untuk menjamin kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya.

Limbah

Sisa suatu usaha atau kegiatan.

Bahan berbahaya dan beracun

Merupakan bahan yang karena sifat atau konsentrasi, jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan atau merusak lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lain.

Limbah bahan berbahaya dan beracun

Sisa suatu kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang karena sifat atau konsentrasi, jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan atau merusak lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lain.

Sengketa lingkungan hidup

Merupakan sengketa yang ditimbulkan karena adanya atau diduga adanya pencemaran dan atau perusakan lingkungan hidup.

Dampak lingkungan hidup

Pengaruh perubahan terhadap lingkungan hidup yang diakibatkan oleh suatu usaha atau kegiatan.

Organisasi lingkungan hidup

Organisasi yang tujuan kegiatannya di bidang lingkungan hidup.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan hidup

Kajian mengenai dampak besar dan dan penting suatu dan atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hoidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan suatu usaha atau kegiatan.

Audit lingkungan hidup

Proses evaluasi terhadap pertanggungjawaban terhadap ketaatan dalam menjaga lingkungan hidup

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan LingkunganHidup berisi:

Pelaksanaan   pengelolaan   lingkungan   hidup   dimaksudkan   untuk melestarikan dan mengembangkan kemampuan lingkungan hidup yang serasi, selaras dan seimbang guna menunjang terlaksananya pembangunanberkelanjutan serta dengan memperhatikan tingkat kesada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s